Berita

Prestasi Garuda Pertiwi Lolos ke Piala Asia 2022, Bikin Bangga!


Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengucapkan selamat pada Timnas wanita Indonesia yang berhasil lolos ke Piala Asia 2022 setelah mengalahkan Singapura pada pertandingan kualifikasi ajang itu. Menurut Puan, kabar ini sangat menggembirakan karena sekali lagi srikandi Tanah Air membuktikan kemampuannya dalam bidang olahraga dan mengharumkan nama bangsa.

“Selamat kepada pasukan Garuda Pertiwi! Sepak terjang kalian yang gemilang menjadi energi positif untuk bangsa. Saya merasa sangat istimewa bahwa tim sepak bola perempuan kita bisa mendulang prestasi di ajang internasional,” kata Puan dalam rilis tertulisnya.

Menurut Puan, kabar dunia sepakbola Indonesia mayoritas didominasi oleh Timnas pria saja. Padahal, ternyata Timnas wanita juga mampu meraih prestasi yang tak kalah hebatnya.

Puan juga melihat penampilan apik yang diberikan oleh para srikandi itu di Stadion Republican Central, Dushanbe, Tajikistan. Performa gigih Octavianti Dwi Nurmalita dan kawan-kawan mampu membendung serangan demi serangan lawan selama pertandingan.

“Saya merasa terharu khususnya karena timnas wanita terakhir kali lolos di final Piala Asia Wanita pada tahun 1989. Sudah sangat lama sekali. Di masa pandemi yang serba sulit ini, mulai dari protokol kesehatan untuk bertanding dan selama latihan sebelumnya, justru jadi momen mereka untuk meraih prestasi,” ujar Puan.

Terlebih lagi, Puan melanjutkan, timnas wanita bertanding di negara Tajikistan yang jauh dari Indonesia serta memiliki berbagai perbedaan kondisi alam, iklim, dan budaya dengan Indonesia. Berbagai penyesuaian harus mereka hadapi selama pertandingan berlangsung.

“Semoga ini waktunya Garuda Pertiwi bersinar kembali. Kita buktikan bahwa sepakbola wanita hebat dan berhak punya tempat di hati masyarakat,” ujar mantan Menko PMK itu.

Sekarang, lanjut Puan, saatnya Timnas untuk mengutamakan fokus pada Pemusatan Latihan panjang yang wajib dilakukan setelah lolos ke Piala Asia. Pelatihan menjadi prioritas utama agar performa mereka semakin baik tahun depan.

“Setelah absen selama 33 tahun, saatnya kita tunjukan permainan terbaik di mata dunia. Kemenangan adalah target, tetapi yang utama adalah mempersembahkan performa yang maksimal,” ujar Politisi PDI Perjuangan itu.

Puan tak lupa mengimbau seluruh lembaga terbaik untuk memberikan dukungan penuh bagi timnas perempuan. “Saya minta Kemenpora dan PSSI bersinergi memberikan fasilitas dan akomodasi terbaik untuk Garuda Pertiwi agar mereka bisa maksimal dalam mempersiapkan diri,” katanya.

“Jangan lupa selalu menjaga stamina dan protokol kesehatan. Istirahat dan cukupkan asupan gizi agar tidak mudah jatuh sakit. Kita jaga dari sekarang agar timnas perempuan bisa mempersembahkan yang baik,” ucap Puan.

Menurut Puan, raihan prestasi tim juga tidak lepas dari kerja sama berbagai pihak. Hal ini termasuk dedikasi pelatih serta pendamping dari timnas perempuan. Untuk mereka semua, Puan mengimbau agar kebutuhannya juga diutamakan.

“Kita harus ingat bahwa perjuangan Garuda Pertiwi tidak sendirian, tetapi team effort yang terkait berbagai pihak dan lembaga. Semuanya untuk mendukung keberhasilan mereka,” ujar Puan.

Cucu Bung Karno itu juga mengingatkan untuk tidak lengah dalam kegembiraan pencapaian ini. “Kita berbangga bisa lolos pada Piala Asia, tetapi jangan lupa bahwa masih ada perjuangan lebih besar tahun depan. Siapkan diri dan mental sekuat baja untuk performa yang prima,” kata Puan.

“Kita jangan sia-siakan kesempatan ini. Lebih dari tiga dekade timnas perempuan belum bisa meraih kesempatan berlaga di Piala Asia. Tahun depan adalah waktunya kita berjuang menjadi yang terdepan!” kata Puan.


Post Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.