Kesehatan

Zwitsal Bantu Ibu Jalani 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil


1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan periode emas bagi tumbuh kembang anak, dimana Ibu memiliki peranan penting dalam memberikan tiga kebutuhan dasar anak dalam hal asah, asih dan asuh. Memahami pentingnya peranan Ibu dalam periode emas, Zwitsal mempersembahkan “Zwitsal 1000 Hari Pertama Si Kecil” sebagai bentuk dukungan bagi para Ibu untuk memaksimalkan momentum 1000 HPK.

Maulani Affandi selaku Head of Skin Cleansing and Baby Unilever Indonesia mengatakan “Zwitsal berkomitmen untuk selalu menemani langkah orang tua dan anak seiring tumbuh kembangnya.

Dalam perjalanannya, asah-asih-asuh akan menjadi pilar utama program 1000 HPK Zwitsal yang juga sejalan dengan program pemerintah dalam menjalankan Proyek Prioritas (PRO PN) Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bagi Ibu hamil dan keluarga baduta.

Salah satu upaya Zwitsal dalam menjalankan komitmennya adalah dengan menggandeng berbagai partner dan expert di bidangnya seperti Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoci), Hallo Bumil, Rumah Dandelion, Klinik Kecil dan MRA Media.

Sebagai langkah awal mewujudkan komitmen bagi para Ibu di Indonesia, kami menghadirkan acara Zwitsal 1000 Hari Pertama Si Kecil yang dikemas secara online dengan menghadirkan berbagai ahli di bidangnya dan membahas berbagai topik seputar psikoedukasi parenting agar Ibu dapat menjalani 1000 HPK secara optimal.” jelas Maulani pada konferensi pers virtual, Kamis (10/12).

Lebih lanjut Maulani menambahkan pendampingan psikoedukasi yang dihadirkan berupa edukasi yang meningkatkan pemahaman secara holistik karena tidak saja memperhatikan tumbuh kembang anak, namun juga kesehatan mental dan psikologis para Ibu. Bentuk pendampingan lainnya, Zwitsal pun menggandeng Hallo Bumil dengan menghadirkan tele pediatric consultation dan imunisasi tracker yang bisa diakses melalui aplikasi Hallo Bumil, aplikasi interaktif pertama di Indonesia sebagai pendamping Ibu selama masa persiapan kehamilan, kehamilan dan tumbuh kembang anak.

Lewat aplikasi ini, para Ibu tidak hanya bisa membaca konten terpercaya dan edukatif seputar 1000 HPK, tetapi juga bisa berkonsultasi dengan dokter serta mencatat jadwal imunisasi anak agar tidak terlewat.

Atalia Praratya Kamil, selaku Ketua Tim Penyelenggara Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoci) mengatakan, “Menciptakan generasi emas dimulai dengan mempersiapkan 1000 HPK pada anak. Tumbuh kembang anak harus optimal, sehingga perlu dipersiapkan secara seimbang. Tidak saja melalui pemenuhan nutrisi untuk perkembangan otak, namun pemenuhan lainnya melalui asah-asih-asuh. Sebagai orang tua tentu saja kita harus bersemangat dalam kondisi apapun termasuk pada masa pandemi seperti saat ini untuk terus mempersiapkan generasi emas di masa yang akan datang. Kami mengapresiasi langkah yang diambil oleh Unilever Indonesia dalam mempersiapkan kelangsungan bangsa.”

Nadya Pramesrani, M.Psi., selaku Psikolog Rumah Dandelion, turut menambahkan “Dalam menjalani 1000 HPK, Ibu dihadapkan dengan berbagai macam tantangan seperti perubahan fisik – hormon – emosional, tuntutan lingkungan terdekat akan konsep parenting hingga derasnya berbagai informasi yang perlu disaring sesuai kebutuhan diri. Padahal penting bagi Ibu untuk menjaga kesehatan mentalnya melalui psikoedukasi parenting dalam mengasuh si kecil, agar kualitas bonding antara Ibu dan anak menjadi optimal selama 1000 HPK.”

dr. Miza Afrizal, BMedSc, SpA, MKes selaku Dokter Anak dari Klinik Kecil menjelaskan lebih lanjut dari sisi medis, “Perkembangan massa otak 70-80% terjadi pada 1000 HPK, dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Itu sebabnya, masa kritis pertumbuhan seorang anak sangat ditentukan pada masa 1000 HPK, dimana milestone untuk anak harus terbentuk dengan baik pada masa ini. Banyak hal yang menentukan keberhasilan 1000 HPK, mulai dari nutrisi, stimulasi, dan tentunya bonding orang tua dan anak sejak masih dalam kandungan. Tidak hanya bermanfaat untuk tumbuh kembang, bonding yang kuat juga diperlukan bayi untuk membuatnya tenang saat menghadapi lingkungan baru di luar kandungan.”

Acha Sinaga yang juga Ibu dari satu orang anak dan dikenal sebagai Digital Content Creator turut berbagi, “Sejak kehamilan pertama, saya dan suami sepakat untuk gigih dalam mencari informasi untuk mengoptimalkan 1000 HPK. Tantangan yang dihadapi kala itu adalah munculnya berbagai opini baru tentang cara yang benar dalam mengasuh anak yang mempengaruhi sisi emosional saya sehingga semakin sulit untuk menyerap informasi penting 1000 HPK. Saya percaya hadirnya Zwitsal 1000 Hari Pertama si Kecil dapat membantu para Ibu dan calon Ibu untuk lebih memahami aspek 1000 HPK .” tuturnya.

Rangkaian kegiatan dari Zwitsal akan dikemas secara online dan menyenangkan dengan berbagai topik seputar pola asuh seperti pentingnya peranan Ayah sebagai support system bagi Ibu, pemenuhan stimulasi yang tepat bagi anak, hingga kesehatan mental bagi Ibu yang hadir melalui Instagram Live @Zwitsal_ID, hari Sabtu, 19 Desember 2020, mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB.

“Kami berharap, melalui komitmen ini dapat menjangkau lebih banyak Ibu di daerah maupun komunitas yang membutuhkan pendampingan psikoedukasi parenting dengan menggandeng berbagai pihak baik pemerintah maupun komunitas sehingga para Ibu bisa menjalani 1000 HPK dengan optimal dan menyenangkan.” tutup Maulani.


Post Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.